Friday, June 14

Catatan Sinopsis Film Korea “Concrete Utopia” (2023)

“Concrete Utopia” (judul Korea: 콘크리트 유토피아) adalah film thriller-bencana Korea Selatan yang rilis tahun 2023, disutradarai oleh Um Tae-hwa.

Film ini diadaptasi dari bagian kedua webtoon “Pleasant Outcast” karya Kim Soongnyung. Berlatar di Seoul pasca-gempa besar, film ini menggambarkan perjuangan para penyintas dalam memperebutkan tempat tinggal pasca bencana.

Sinopsis Film Korea “Concrete Utopia” (2023)

Gempa besar menghancurkan Seoul dalam semalam. Di tengah kehancuran yang kian meluas, hanya Apartemen Imperial Palace yang masih berdiri kokoh.

Kabar tentang apartemen yang masih utuh itu menyebar, menarik para penyintas dari luar yang ingin mencari perlindungan. Namun, para penghuni apartemen mulai merasa terancam.

Dipimpin oleh Yeong-tak (diperankan oleh Lee Byung-hun), pemimpin baru para penghuni apartemen tersebut, mereka bersatu demi bertahan hidup.

Mereka menetapkan aturan baru yang hanya berlaku bagi para penghuni dan secara ketat melarang masuknya orang luar.

Berkat aturan ini, Apartemen Imperial Palace menjadi tempat yang aman dan damai bagi para penghuninya. Sangat berbeda dengan dunia luar yang penuh teror.

Namun, di tengah krisis bertahan hidup yang tak berkesudahan, konflik tak terduga mulai bermunculan di antara mereka.

Ketegangan meningkat seiring dengan pertarungan untuk bertahan hidup di dunia baru yang keras ini.

ngepop sinopsis 2023 Concrete Utopia

Catatan Film Korea “Concrete Utopia” (2023)

Dalam film ini, Lee Byung-hun memerankan Yeong-tak, wakil ketua sementara Apartemen Imperial yang berani dan tegas dalam menghadapi krisis.

Park Seo-joon berperan sebagai Min-seong, pegawai negeri yang kemudian menjadi asisten Yeong-tak berkat keahliannya.

Park Bo-young memerankan Myeong-hwa, istri Min-seong, seorang perawat yang tenang dan kuat dalam menghadapi situasi sulit.

Pemeran lainnya termasuk Kim Sun-young sebagai Geum-ae, presiden asosiasi wanita Apartemen Imperial Palace; Park Ji-hu sebagai Hye-won, pelajar SMA yang selamat; dan Kim Do-yoon sebagai Do-gyun, penduduk yang tampak tidak kooperatif namun memiliki integritas.

Film ini diproduksi oleh Climax Studio, dibantu produksi oleh BH Entertainment, dan didistribusikan oleh Lotte Entertainment, yang juga bertindak sebagai agen penjualan internasional.

Musik dalam film ini dikomposeri oleh Kim Hae-won, dengan Cho Hyoung-rae sebagai sinematografer.

Syuting dimulai pada 16 April 2021 dan selesai di akhir Agustus 2021.

“Concrete Utopia” mendapat ulasan positif dari kritikus dan terpilih sebagai perwakilan Korea Selatan untuk kategori Film Internasional Terbaik di Academy Awards ke-96 pada 17 Agustus 2023, meskipun tidak berhasil masuk ke shortlist.

1 Comment

Comments are closed.

Discover more from Ngepop.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading