Friday, December 3

5 Tips Mengelola Keuangan Biar Tidak Bokek di Masa Pandemi

Memiliki keuangan yang stabil itu menyenangkan—kamu bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan tanpa cemas menunggu gajian berikutnya.

Ini juga memungkinkanmu untuk bersiap menghadapi keadaan darurat dan keadaan tak terduga lainnya.

Apalagi dengan pandemi yang memengaruhi mata pencaharian banyak orang, sangat penting untuk menjaga keuangan agar tetap aman di masa yang tidak pasti ini.

Seperti kata pepatah lama, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Mengatur ulang keuanganmu hari ini adalah langkah menuju masa depan yang lebih aman secara finansial.

Berikut adalah lima tips mudah yang bisa kamu coba:

Buat ​​rencana tabungan

Banyak orang bingung tentang bagaimana sih caranya nabung?

Sebuah rencana tabungan membantu memecah proses sehingga tampak lebih realistis.

Misalnya: tentukan tujuan tabunganmu secara keseluruhan, dan kemudian cari cara untuk mencapainya. Bisa buat liburan, modal bisnis, modal nikah, dan sebagainya.

Pastikan untuk mencatat setiap progres untuk membantu melacak kemajuan dari target itu.

Setelah kamu membuat rencana tabungan, buka rekening tabungan di bank yang memiliki reputasi baik agar uangmu tetap aman saat ditabung. Cek kemajuan yang kamu capai setiap bulan.

Jika ternyata terjadi sesuatu di mana kamu tidak dapat mengikuti rencana tersebut, cobalah untuk membuat penyesuaian kecil untuk memudahkanmu tetap mencapai tujuan utama.

Mengetatkan anggaran

Salah satu alasan terbesar mengapa orang akhirnya bokek adalah bahwa pengeluaran akhir mereka melebihi kapasitas kemampuan.

Untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap pengeluaran berlebihan, buatlah anggaran bulanan untuk diri sendiri.

Catat pendapatan bulananmu, lalu bikin daftar semua pengeluaran dalam sebulan, misalnya: bahan makanan, tagihan listrik, transportasi, dan sejenisnya.

Dari sana, putuskan bagaimana membagi gajimu. Seiring berlalunya bulan, ingatlah untuk tetap berada dalam anggaran yang telah ditetapkan.

Kecuali ada kebutuhan mendadak dan mendesak, pengeluaran lain harus ditangguhkan.

Lacak pengeluaranmu

Bayangkan ini: kamu memeriksa rekening bank dan menemukan bahwa saldomu habis. Namun, ketika kamu coba memikirkan ke mana perginya, pikiranmu blank.

Pengeluaran yang sembrono dapat membuatmu bokek tanpa alasan pasti mengapa dirimu melakukannya.

Cara terbaik untuk menghindari ini adalah dengan melacak pengeluaran dengan patuh.

Kamu bisa mencatatnya manual di buku catatan atau menggunakan aplikasi di smartphone–misalnya menggunakan aplikasi MoneyLover.

Dengan mencatat pengeluaran secara teratur, kamu akan memiliki ingatan yang lebih baik tentang ke mana perginya uang yang dimiliki dan bagaimana cara mengendalikan pengeluaran.

saving money

Petakan pembelian

Cara efektif untuk menjaga anggaran adalah dengan merencanakan semua pembelian.

Di awal setiap bulan, catat pembelian yang paling diantisipasi dalam beberapa minggu mendatang.

Selain itu, pertimbangkan untuk membayar dengan mencicil untuk pembelian yang lebih mahal biar saldo tidak langsung anjlok.

Angsuran berguna untuk penganggaran karena mereka membagi pembayaran besar menjadi jumlah yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jumlah ini dilunasi secara teratur, membuatnya lebih mudah untuk direncanakan dalam anggaran bulananmu.

Kurangi pengeluaran “vampir”

Pengeluaran vampir adalah biaya berulang yang akhirnya menghabiskan sebagian besar tabunganmu.

Ini dapat mencakup langganan layanan streaming, keanggotaan gym, dan paket telepon pascabayar.

Tinjau kembali pengeluaran rutinmu dan tanyakan pada diri sendiri apakah kamu benar-benar membutuhkan layanan ini.

Jika iya, apakah ada alternatif yang lebih murah atau bahkan gratis? Bisakah kamu menurunkan versi paket yang telah dipilih ke paket yang lebih sesuai dengan anggaran dan konsumsimu?

Dengan memangkas pengeluaran rutin, kamu akan mendapatkan lebih banyak uang untuk kebutuhan pokok atau untuk menambah saldo tabungan.


Membuat keputusan yang tepat dengan uang yang kamu punya sekarang dapat membuat banyak perbedaan di kemudian hari, terutama jika kamu berada dalam keadaan darurat.

Dengan komitmen dan dedikasi, tips di atas dapat membantumu memutus siklus hidup “gali lubang, tutup lubang”  dan membawamu semakin dekat ke tujuan stabilitas finansial.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *