Break (plus Kumpulan Screenshot) | Demam “OM TELOLET OM” Mendunia, Respons Para DJ Bikin Ngakak

Hype apa yang paling terasa di jagat maya paling tidak sejak kemarin malam (20/12) hingga pagi ini (21/12)?

Ya, frasa “OM TELOLET OM”.

Kalimat absurd tersebut membanjiri semua lini masa media sosial. Dari yang semi privat semacam Path, Snapchat, dan Line, hingga semi publik sebut saja Twitter dan Instagram.

Yang membuat fenomena ini menjadi sangat hype apa lagi kalau bukan “spam” netizen asal Indonesia di berbagai akun resmi para pesohor hiburan dunia–YouTuber, DJ, hingga pelakon Hollywood. Dan gayung bersambut, mungkin karena tergelitik atau pun gerah dibombardir komentar, para public figure itu pun menuruti titah netizen dengan merespons “OM TELOLET OM”.

Layaknya fenomena viral lainnya, sumber pertama “OM TELOLET OM” susah dilacak.

Fenomena ini menjadi cukup hits setelah di YouTube muncul banyak video respons dari berbagai lokasi berbeda, dan ini tidaklah instan karena sudah ada sejak jauh-jauh hari. Kemudian pengguna sosial media yang sedang dimabuk virus guyonan receh dengan sukarela membagikannya.

Namun demikian, bukan berarti “OM TELOLET OM” berjalan mulus begitu saja. Tetap ada tanggapan kontra yang terlontar.

Bahkan, saya pada awalnya tidak menganggap hal ini sebagai suatu yang lucu. Di lini masa pribadi pun saya juga melihat ada pengguna yang tidak menyukai hal ini. Salah satunya karena menganggap bunyi klakson kendaraan besar (dalam kasus ini kebanyakan adalah bus) berbahaya karena bisa mengagetkan, misal bagi kuda maupun manusia dengan penyakit jantung.

Saya baru bisa dibuat sangat terhibur justru ketika hal ini mendunia. Bahkan sampai ada beberapa DJ yang membuat remix khususnya. “OM TELOLET OM” memang nampak ngeselin di awal, tetapi di titik ini,  respons netizen global tidak bisa disangkal merupakan “gold” tersendiri (priceless).

Dan di pagi ini pula, agaknya netizen Indonesia tidak keberatan kalau “OM TELOLET OM” menjadi pengalihan isu universal yang berhasil.

Paling tidak kita bisa sedikit terlepas dari panasnya perang politik, ngototnya para ekstrimis agama, serta berbagai manifestasinya yang sangat melelahkan bagi pengguna media sosial yang sekadar mencari kedamaian.

Kalau dibuat diagram persentase, pelakon industri musik Electronic-Dance Music (EDM) menempati urutan puncak sebagai toa. Dari kemarin malam hingga pagi ini jumlah DJ yang meneruskan “pesan berantai” ini semakin bertambah banyak.

Untuk mengetahui se-hype apa trend penutup tahun yang epik ini, berikut Ngepop rangkumkan screenshot-nya. Update akan terus diusahakan, silakan mention twitter @ngepopcom atau tinggalkan komentar di bawah.

1. Marshmello

om telolet om screenshot ngepopcom 1

Marshmello mengerti dan menyukai fenomena ini, bahkan mengunggah foto reka khusus dengan caption “Om Telolet Om”

2. Hardwell

om telolet om screenshot ngepopcom 2

Hardwell tidak mau kalah, bahkan dia mengunggah video respons pendek yang kocak.

3. Zedd dan Martin Garrix

om telolet om screenshot ngepopcom 4

Ketika Zedd nampak sangat terhibur dengan Om Telolet Om, Martin Garrix justru merasa kebingungan. Pasti gara-gara kolom komentarnya penuh komentar spam dari netizen Indonesia.

4. Yellowclaw

om telolet om screenshot ngepopcom 5

Yellowclaw yang pada awalnya sempat mengunggah foto kebingungan di Instagram, pada akhirnya justru ketagihan yang menggoda penggemarnya dengan sample musik telolet.

5. Firebeatz

om telolet om screenshot ngepopcom 6

Selain menunjukkan keniatannya dalam membuat musik remix telolet di Instagram Story, Firebeatz sampai mengunggah video musiknya di kanal YouTube resmi mereka. Coba lihat deskripsi di videonya.

6. Steve Aoki, Diplo, Dillon Francis

om telolet om screenshot ngepopcom 7

Dari komentar kebingungan sampai rela menjadikannya caption.

7. Alesso

om telolet om screenshot ngepopcom 8

Kasihan Alesso, dia kebingungan dan merasa terganggu dengan semua komentar yang diterimanya. Apalagi Marsmello turut menggoda dia.

8. The Chainsmokers, dsb

om telolet om screenshot ngepopcom 9

 

9. Rukes, Showtek, Vanai, hingga Bizzey

om telolet om screenshot ngepopcom 10

 

10. Owsla, dsb.

om telolet om screenshot ngepopcom 11

11. DJ Snake

om telolet om screenshot ngepopcom 3

Mungkin DJ Snake menjadi jawara di fenomena anoying ini! Selain sangat senang, dia ikut-ikutan spam di akun Instagram teman-teman DJ-nya, bahkan sampai di akunnya Donald Trump! LOL.

Author: aef anas

Kecanduan menulis, menonton, dan karya-karya Christopher Nolan.

Nomine “Kritik Film Terpilih” Piala Maya 2016.

(Visited 446 times, 1 visits today)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Name and email are required