Thursday, July 25

Catatan Sinopsis “The Boy and the Heron” (2023)

Dari imajinasi luar biasa Hayao Miyazaki, sutradara legendaris di balik karya-karya klasik seperti “Spirited Away” dan “My Neighbor Totoro“, datanglah “The Boy and the Heron” (2023).

Film animasi yang mendapat banyak pujian ini, berhasil memikat penonton dengan visual yang memukau, tema yang dalam, dan sentuhan keajaiban khas Studio Ghibli.

Sinopsis “The Boy and the Heron” (2023)

Dalam “The Boy and the Heron”, kita mengikuti Mahito Maki yang kehilangan ibunya, Hisako, dalam kebakaran rumah sakit selama Perang Pasifik di Tokyo.

Ayahnya, Shoichi, seorang pemilik pabrik amunisi udara, menikah lagi dengan adik mendiang istrinya, Natsuko, dan mereka pindah ke perkebunan pedesaan Natsuko.

Mahito yang merasa jauh dari Natsuko yang sedang hamil, bertemu dengan bangau abu-abu aneh yang membawanya ke menara tertutup, lokasi terakhir diketahui dari granduncle Natsuko yang seorang arsitek.

Setelah terlibat perkelahian di sekolah dan melukai dirinya sendiri, Mahito dibebaskan dari sekolah oleh Shoichi.

Bangau yang kini bisa berbicara, membujuk Mahito dengan janji bisa menemukan ibunya.

Mahito nyaris tertangkap oleh sekawanan katak supranatural. Natsuko menyelamatkannya dengan panah bersiul, menginspirasi Mahito untuk membuat busur dan anak panahnya sendiri.

Anak panah itu secara magis menjadi akurat setelah dihiasi dengan bulu bangau. Namun, saat membaca buku yang ditinggalkan Hisako, Natsuko menghilang ke dalam hutan.

Mahito dan salah satu pelayan, Kiriko, memasuki menara, di mana Mahito tertipu oleh imitasi ibunya yang dibuat oleh si bangau.

Ia menembak paruh bangau dengan anak panahnya, mengubah bangau menjadi manusia burung yang tidak bisa terbang.

Seorang penyihir muncul, memerintahkan manusia burung itu untuk membimbing Mahito dan Kiriko saat mereka tenggelam ke lantai.

Mahito kemudian turun sendiri ke dunia bawah laut. Ia diselamatkan dari serangan pelikan dan dolmen megalitik yang menakutkan oleh Kiriko yang lebih muda menggunakan sihir.

Mereka menangkap dan menjual ikan raksasa ke roh-roh gelembung yang disebut Warawara, yang terbang ke dunia atas untuk dilahirkan kembali.

Seekor pelikan yang sekarat menjelaskan bahwa spesiesnya putus asa untuk bertahan hidup setelah diperkenalkan ke dunia ini tanpa makanan lain.

Kiriko menjadi mediator perdamaian antara Mahito dan manusia burung, dan Mahito memasang sumbat pada paruh manusia burung, mengembalikan kemampuannya untuk terbang.

Sementara mereka mencari Natsuko, mereka terpisah karena burung parkit antropomorfis pemakan manusia. Himi, seorang wanita muda piroteknik, menyelamatkan Mahito dari parkit dan menunjukkan kepadanya menara yang serupa berisi pintu ke banyak dunia.

Mereka memasuki pintu kembali ke perkebunan Natsuko dan ditemukan oleh Shoichi yang datang untuk menyelidiki menara, tetapi Mahito kembali melalui pintu untuk melanjutkan pencariannya akan Natsuko.

Film ini berakhir dengan Mahito yang kembali ke Tokyo bersama ayahnya, Natsuko, dan saudara tiri barunya setelah serangkaian petualangan yang kompleks dan mengubah hidupnya.

Dia kembali dengan pemahaman baru dan lebih dalam tentang cinta, kehilangan, dan keajaiban kehidupan, serta sebuah batu kekuatan sebagai simbol perjalanannya yang luar biasa.

ngepop sinopsis 2023 boy and the heron

Catatan “The Boy and the Heron” (2023)

Miyazaki, terkenal dengan animasi hand-drawn-nya, yang kembali disajikan dalam “The Boy and the Heron”.

Film ini dipenuhi dengan warna-warna cerah, dari padang rumput zamrud yang subur hingga lanskap dunia lain yang menakjubkan.

Animasinya sendiri fluid dan ekspresif, memberikan kehidupan kepada setiap makhluk, mulai dari bangau yang gagah hingga roh-roh hutan yang menggemaskan.

Dalam dunia yang memukau ini, terungkaplah narasi yang mendalami tema-tema mendalam tentang kehilangan, harapan, dan hakikat keberadaan.

Perjalanan Mahito menjadi metafora untuk coping duka dan menerima ketidakabadian hidup. Ia bertemu dengan roh-roh yang telah meninggal, menghadapi ketakutan dan keinginannya sendiri, dan pada akhirnya belajar menemukan penghiburan dalam kenangan orang-orang yang dicintainya.

Film ini tidak hanya tentang kesedihan dan kerumitan yang menyertainya, tetapi juga dipenuhi momen keceriaan dan humor.

Interaksi antara Mahito dan si bangau menawarkan hiburan tersendiri, sementara ulah dari roh-roh hutan menambahkan sentuhan keajaiban dalam narasi yang sudah menyentuh hati.

Keseimbangannya membuat film ini sama-sama menarik bagi anak-anak dan orang dewasa, menawarkan kedalaman yang berbeda untuk diapresiasi oleh setiap kelompok usia.

“The Boy and the Heron” telah mendapat banyak pujian kritis, terutama dipuji karena animasi, cerita, dan resonansi emosionalnya.

Beberapa pengulas menyebutnya bagai kembali ke the best form of Miyazaki, mengingatkan pada karya-karya besar sebelumnya seperti “Princess Mononoke” dan “Howl’s Moving Castle”.

Lainnya memuji eksplorasi film tentang duka dan kematian, mengakui penyajian yang sensitif dan mencerahkan dari topik-topik sering kali sulit diangkat dengan baik ini.

Sukses film ini tidak hanya terbatas pada pujian kritikus. “The Boy and the Heron” memperoleh kesuksesan box office, menjadi salah satu film animasi Jepang dengan penghasilan tertinggi.

Lebih dari sekadar nilai hiburannya, film ini meninggalkan penonton dengan rasa harapan dan keajaiban.

Sajian ini mengingatkan kita bahwa bahkan dalam menghadapi kehilangan, masih ada keindahan dan sihir yang bisa ditemukan di dunia sekitar kita.

Ketika Mahito belajar melepaskan duka dan merangkul kenangan ibunya, ia menemukan kekuatan baru dan pemahaman yang lebih dalam tentang hidup itu sendiri.

“The Boy and the Heron” adalah sebuah pengalaman sinematik. Ia adalah perjalanan menakjubkan ke dunia fantasi, eksplorasi mendalam tentang kehilangan dan resiliensi, dan bukti kekuatan imajinasi dan penceritaan yang abadi.

Discover more from Ngepop.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading